Jumat, 01 Januari 2016

Sepatu Futsal Sol IC Dan Sepatu Futsal Sol TF

Kali ini saya akan membahas tentang jenis sepatu futsal yang ada. Sebagai seorang pemain futsal, kita harus benar-benar memperhatikan jenis sepatu yang kita pakai pada saat bermain di jenis lapangan seperti apa. Jika kita menggunakan jenis sepatu yang tepat, itu juga untuk menambah kenyamanan kita pada saat bermain. Di sini saya akan membahas 2 jenis sepatu yang ada, yaitu sepatu futsal jenis Sol IC(Indoor Court) dan sepatu futsal jenis Sol TF( Turf).


Sepatu jenis Sol IC dan TF hanya ada pada versi sepatu futsal dan tidak berlaku pada sepatu sepakbola. Sepatu dengan SOL IC dan TF ini sebenarnya adalah bagian dari salah satu dari ke empat macam jenis SOL sepatu bola. Lebih tepatnya mereka adalah bagian dari jenis sepatu out sol AG (Artificial Ground) / IN (Indoor). Bahasa simpelnya adalah bagian dari sepatu bola tipe indoor. Karena medan lapangan indoor ini ada 2 macam yakni rumput sintetis dan matras, maka lahirlah ke dua jenis sol ini supaya bisa beradaptasi untuk ke dua jenis medan lapangan tersebut. Selanjutnya saya akan membahas lebih terperinci dari kedua perbedaan jenis sol tersebut :


Sepatu Futsal SOL IC



Sol IC sendiri adalah kependekkan dari “Indoor Court “, yang di ambil dari bahasa inggris. Sepatu yang menggunakan sol ini pada dasarnya digunakan untuk lapangan indoor berlantai halus (matras), tidak memiliki stud, bahan outsole biasanya terbuat dari rubber (karet). Jenis sepatu yang menggunakan sol Indoor Court ini selanjutnya lebih populer kita dengar dengan nama SOL IC/ IN Indoor.


Walaupun sebenarnya untuk lapangan berlantai halus, saat ini sudah umum kita lihat para pecinta futsal juga memakai sol jenis ini pada rumput sintetis. Hal Ini karena saat ini Sepatu futsal Sol IC lebih mudah ditemui dari pada sol TF. Sebagian dari mereka berpendapat, menggunakan Sol IC dilapangan rumput sintetis juga tidak terlalu licin, namun memang lebih baik memakai Sol TF yang memang dirancang khusus untuk medan lapangan rumput sintetis.


Sepatu Futsal SOL TF



SOL TF adalah kependekkan dari “Turf”. Sepatu yang menggunakan sol ini biasa digunakan untuk lapangan indoor dengan rumput buatan. Pada sol TF biasanya memiliki stud/pul kecil-kecil yang banyak, hal ini dimaksudkan untuk menambah daya cengkram sepatu pada lapangan rumput. Bahan outsole-nya biasanya terbuat dari rubber (karet). Jenis sepatu yang menggunakan Sol Turf ini selanjutnya akrab ditelinga kita sebagai SOL TF/TT/Turf.


Pada kenyataanya, saat ini sepatu futsal Sol TF sudah mulai sulit kita temukan. Model sepatu futsal Sol IC sepertinya lebih populer daripada Sol TF. Kami mengakui bahwa kami juga sangat sulit untuk menyediakan sepatu sol TF, padahal jika dilihat dari segi peminat, Sol turf juga tidak kalah dengan sol IC.


Sumber :
http://sepatufutsalmalang.com/perbedaan-sepatu-futsal-sol-tf-dan-sol-ic/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...