Minggu, 19 Oktober 2014

Perbandingan Budaya Barat Dengan Budaya Timur

    
     Kata budaya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai pikiran, akal budi atau adat-istiadat.Kebudayaan sendiri diartikan sebagai segala hal yang berkaitan dengan akal atau pikiran manusia, sehingga dapat menunjuk pada pola pikir, perilaku serta karya fisik sekelompok manusia. 
         Budaya terbentuk dari beberapa unsur yang menjadi satu,seperti sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Budaya Barat
           Kebudayaan barat adalah kebudayaan yang cara pembinaan kesadarannya dengan cara mamahami ilmu pengtahuan dan filsafat. Mereka melakukan berbagai macam cara diskusi dan debat untuk menemukan atau menentukan makna seperti apa yang sebenarnyamurni /asli dari kesadaran. Mereka banyak belajar dan juga mengajar yang awalnya datang dari proses diskusi dan perdebatan yang mereka lakukan. Melalui proses belajar dan mengajar, para ahli kebudayaan barat dituntut untuk pandai dalam berceramah dan berdiskusi. Hal itu dilakukan karena pada akhirnya akan banyak yang mengikuti ajarannya.
Budaya Timur
              Kebudayaan Timur adalah kebudayaan yang cara pembinaan dalam diri seseorang melalui kesadarannya dengan cara aturan-aturan yang bertujuan baik untuk dirinya masing-masing. Contohnya Aturan menjaga pola makan dan minum atau makanan dan minuman apa  saja yang boleh dikonsumsi. Karena hal itu dapat berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan jasmaninya. Selain itu juga ada untuk melatih mental masing-masing orang dengan cara beribadah menurut kepercayaannya masing-masing yang itu juga berguna untuk menjaga ketenangan diri setiap manusianya.
Perbedaan Budaya Barat Dengan Budaya Timur 
Berbicara tentang perbedaan budaya barat dan timur, maka perlu dipandang dari beragam aspek mulai dari adat istiadat, gaya hidup, cara berpakaian, makanan, cara berpikir, teknologi, transportasi, sopan santun dan sebagainya. Baik budaya barat atau timur, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Gaya Berpakaian: 
Kebanyakan orang dari budaya timur senang menggunakan pakaian yang tertutup dan sopan. Sedangkan budaya barat cenderung senang menggunakan pakaian yang berstylis dan bebas,bebas dalam arti pakaian yang terbuka maupun yang tertutup.

Waktu:
Orang-orang dari budaya barat sangat menghargai waktu,karena bagi mereka waktu itu penting maka dari itu mereka selalu menghargai waktu dan selalu tepat waktu. Sedangkan budaya timur tipekal orang yang jarang menghargai waktu,contohnya saja dalam hal membuat perjanjian biasanya mereka hadir tidak sesuai waktu yang dijanjikan(telat).

Kebersamaan:
Orang-orang dari budaya timur terkenal dengan kebersamaannya antar sesama contohnya suka bergotong royong,saling membantu,ramah,dll. Sedangkan orang-orang budaya barat lebih kearah individualisme. Mereka mementingkan dirinya sendiri tanpa mementingkan orang lain.
Opini/Pendapat:
Orang Timur cenderung berbelit-belit dalam hal berargumen, terkadang harus berputar-putar dulu untuk mengatakan sesuatu, padahal maksudnya/tujuannya tidak serumit yang dimaksud. Sangat berbeda dengan orang Barat, mereka langsung ke pokok masalah dan mereka nggak biasa basa-basi.

Pergaulan Bebas:
Budaya barat terkenal akan kebebasannya,bahkan seks bebas bukanlah sesuatu hal yang tabu, sedangkan budaya timur pergaulan bebas adalah hal yang tabu, karena dapat merusak moral dan tidak sesuai dengan adat istiadatnya.
Teknologi:
Budaya Barat terkenal akan teknologinya yang sangat canggih dan moern yang  lebih maju dari pada teknologi yang ada di budaya timur.
Terhadap Sesuatu Yang Baru:
Orang-orang budaya timur cenderung bertipe orang yang tidak pernah puas dengan apa yang dia miliki,sepertinya akan barang baru seperti gadget atau handphone,makanya tidak heran orang indonesia sangat konsumtif untuk barang yang satu itu. Sedangkan orang barat hanya sekedar tahu aja jika ada barang baru atau sebagaimacamnya itu.
Kesimpulan:
 Dilihat dari beberapa perbedaan diatas, hal ini membuktikan budaya timur maupun barat memang saling berbeda satu dengan yang lain. Tetapi keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Budaya barat unggul dalam hal teknologi dan kemajuannya. Sedangkan Budaya timur unggul dalam hal moral, adatistiadat, dan sopan santun.
 Perbedaan dari dua kebudayaannya ini janganlah jadi pembeda antara masyarakat yang menganut salah satunya. Kita seharusnya saling menghargai akan perbedaan itu dan kita bisa mengambil nilai-nilai positif yang ada di kedua budayaan tersebut untuk kita menjadi lebih baik sebagai masyarakat dunia.

Referensi:
http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id/artikel_detail-45448-Makalah-Perbedaan%20Kebudayaan%20Barat%20dan%20Kebudayaan%20Timur.html
http://ryanzzeka.wordpress.com/2014/06/18/perbedaan-budaya-barat-dan-timur/
12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...