Jumat, 13 Mei 2016

All About Institut Teknologi Bandung (ITB)

Pada tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang salah satu perguruan tinggi papan atas di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung, yang biasa disingkat ITB. Saya akan membahas tentang Profilnya, Visi dan Misi, dan informasi-informasi seputar ITB.

Profil( Latar Belakang)
Institut Teknologi Bandung (ITB), didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.
Sejarah ITB bermula seja awal abad kedua puluh, atas prakarsa masyarakat penguasa waktu itu. Gagasan mula pendirianya terutama dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara negeri Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama. De Techniche Hoogeschool te Bandung berdiri tanggal 3 Juli 1920 dengan satu fakultas de Faculteit van Technische Wetenschapyang hanya mempunyai satu jurusan de afdeeling der Weg en Waterbouw.
Didorong oleh gagasan dan keyakinan yang dilandasi semangat perjuangan Proklamasi Kemerdekaan serta wawasan ke masa depan, Pemerintah Indonesia meresmikan berdirinya Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Maret 1959 . Berbeda dengan harkat pendirian lima perguruan tinggi teknik sebelumnya di kampus yang sama, Institut Teknologi Bandung lahir dalam suasana penuh dinamika mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berpijak pada kehidupan nyata di bumi sendiri bagi kehidupan dan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat.


Arti lambang dari ITB :
Ganesha sebagai lambang ITB
Ganesha dalam kebudayaan hindu adalah putra dewa Syiwa Parwati, yang juga sekaligus sebagai dewa ilmu pengetahuan. Ganesha sebagai lambang pengetahuan dengan atribut yang sama, hanya saja, arti yang dapat diambil lebih mendekati sifat kehidupan di ITB.
  • Teratai merah (padma), yang pada lambang digantikan dengan buku yang didudukinya, melambangkan sumber ilmu pengetahuan.
  • Mata (seharusnya berjumlah tiga) melambangkan ketajaman pandangan dan ketelitian untuk penyelidikan kebeneran.
  • Kampak sebagai tanda pengenal bahwa ia adalah putra Syiwa.
  • Tasbih tanda dari kebijaksanaan.
  • Gading yang dipatahkannya sendiri sebagai alat untuk mengatasi hambatan, menunjukkan pengorbanan diri untuk memecahkan masalah-masalah yang merintangi kemajuan ilmiah.
  • Cawan tempat ia makan, melambangkan ilmu yang tiada habis-habisnya yang dihimpun pada diri Ganesha.
  • Selendang sebagai tanda kesucian.


Rektor ITB saat ini adalah Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, untuk masa jabatan 2015-2020.

In Harmoniae Progressio

Kemajuan dalam keselarasan

Visi dan Misi
Visi :
·         Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia.
·         ITB menjadi lembaga pendidikan tinggi dan pusat pengembangan sains, teknologi, dan seni yang unggul, handal, dan bermartabat di dunia yang bersama dengan lembaga terkemuka bangsa, menghantarkan masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang bersatu, berdaulat, dan sejahtera.
Misi :
·         Menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kemanusiaan serta menghasilkan sumber daya insani yang unggul untuk menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik. 
·         Memandu perkembangan dan perubahan yang dilakukan masyarakat melalui kegiatan tri darma perguruan tinggi yang inovatif, bermutu dan tanggap terhadap perkembangan global dan tantangan lokal.

Isi dan Informasi
Institut Teknologi Bandung yang status hukumnya sebagai instansi pemerintah dalam bentuk jawatan negeri pada tanggal 26 Desember 2000, Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah No. 155 tahun 2000 telah menetapkan Institut Teknologi Bandung sebagai suatu Badan Hukum Milik Negara.
Perguruan Tinggi Negeri dengan status Badan Hukum adalah sesuatu tanpa preseden dalam sejarah Pendidikan Tinggi di Indonesia. Hal ini diawali dengan terbitnya PP No. 61 tahun 1999 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Negeri sebagai Bahan Hukum yang kemudian disusul diterbitnya PP No. 155 tahun 2000 tentang Penetapan Institut Teknologi Bandung menjadi Bahan Hukum Milik Negara. Maka dengan terbitnya PP 155 tersebut, sejak tanggal 26 Desember 2000 yang lalu ITB resmi menjadi Badan Hukum sebagaimana layaknya badan hukum lainnya yang dibenarkan melaksanakan segala perbuatan hukum yang tidak melanggar hukum serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pertimbangan pertama yang ditinjau dalam PP No. 61 secara singkat adalah adanya globalisasi yang menimbulkan persaingan yang tajam. Maka untuk meningkatkan daya saing nasional dibutuhkan PT yang dapat membangun masyarakat madani yang demokratis dan mampu bersaing secara global. Untuk itu PT, termasuk ITB, harus memperoleh kemandirian, otonomi dan tanggung jawab yang lebih besar. Penekannya ada pada adanya proses globalisasi.
Akreditasi
Institu Teknologi Bandung(ITB) setelah bertahun-tahun mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai A untuk sebagian besar program studinya, pada tahun 2011 dua program studi ITB meraih akreditasi internasional dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) yang merupakan badan akreditasi independen terkemuka di Amerika Serikat (AS). Hingga saat ini ITB telah memiliki sembilan program studi yang terakreditasi ABET, yaitu:
1.     Program Studi Teknik Elektro (2011);
2.     Program Studi Teknik Kelautan (2011);
3.     Program Studi Teknik Fisika (2012);
4.     Program Studi Teknik Kimia (2012);
5.     Program Studi Teknik Lingkungan (2014);
6.     Program Studi Teknik Industri (2014);
7.     Program Studi Teknik Informatika (2014);
8.     Program Studi Teknik Perminyakan (2015)
9.     Program Studi Teknik Sipil (2015).
Sampai dengan tahun 2015 dari seluruh perguruan tinggi dan fakultas teknik di Indonesia, baru sembilan program studi di ITB dan satu program studi di IPB yang memiliki akreditasi ABET. Dengan diraihnya akreditasi ABET merupakan jaminan bagi para calon mahasiswa dan orang tua untuk memilih institusi pendidikan yang berkualitas baik secara nasional maupun internasional.
Dengan akreditasi ABET tersebut, lulusan ITB mulai tahun 2012 akan mendapatkan ijazah tak hanya akreditasi BAN-PT tetapi juga terdapat logo ABET yang membuktikan bahwa lulusan ITB telah terdidik dengan standar internasional, tidak hanya terlembaga tetapi juga telah tersertifikasi secara resmi.
Adanya akreditasi ini juga manfaatnya dapat dirasakan oleh para pengguna lulusan ITB. Anak didik ITB memiliki standar profesional kerja yang dapat disamakan dengan lulusan luar negeri ternama. Sehingga perusahaan penerima mereka dapat lebih yakin terhadap almamater mereka.
Pada tahun 2013 program studi Kimia FMIPA telah meraih akreditasi internasional dari The Royal Society of Chemistry (RSC) yang merupakan lembaga akreditasi terkemuka di Inggris (UK), program studi Arsitektur SAPPK mendapatkan akreditasi dari Korea Architectural Acrcediting Board (KAAB), program studi Teknik Geodesi FITB mendapatkan akreditasi dari AUN-QA, program studi MBA, Sekolah Bisnis dan Manajemen mendapatkan akreditasi dari ABEST21.
Pada tahun 2015 tujuh program studi dari lingkungan FMIPA, SITH, dan Sekolah Farmasi mendapatkan akreditasi dari ASIIN e. V. yaitu:
1.     Program Studi Fisika;
2.     Program Studi Matematika;
3.     Program Studi Astronomi;
4.     Program Studi Biologi;
5.     Program Studi Mikrobiologi;
6.     Program Studi Sains dan Teknologi Farmasi;
7.     Program Studi Farmasi Klinik dan Komunitas.

Kampus utama ITB, di utara kota Bandung, dan bagian kampus lainnya, memiliki luas area 770.000 meter persegi.
Asrama mahasiswa, perumahan dosen, dan kantor pusat administrasi tidak terletak di kampus utama namun masih dalam jangkauan yang mudah untuk ditempuh.
Fasilitas yang tersedia di kampus diantaranya : Toko Buku, Kantor pos, kantin, dan klinik. Arsitektur ITB adalah perpaduan yang indah antara tradisi dan modern, dan keindahan bangunannya dipercantik dengan lapangan rumput dan taman-taman.
Selain ruangan kuliah, laboratorium, bengkel dan studio, ITB memiliki sebuah galeri seni yaitu Galeri Soemardja, fasilitas olah raga, dan sebuah Campus Center. Di dekat kampus juga terdapat Masjid Salman untuk beribadah dan aktivitas keagamaan umat Islam di ITB. Untuk mendukung pelaksanaan aktivitas akademik dan riset, terdapat fasilitas-fasilitas pendukung akademik, dintaranya Perpustakaan Pusat (dengan koleksi sekira 150.000 buku dan 1000 judul jurnal), Sarana Olah Raga Ganesha, Pusat Bahasa, dan Observatorium Boscha (salah satu fasilitas dari Kelompok Keahlian Astronomi FMIPA), terletak 11 kilometer di sebelah utara Bandung.
Kelebihan dan Kekurangan Institut Teknologi Bandung (Pendapat Pribadi)
Kelebihan :
Kita bisa melihat segala sesuatu tentang ITB dari websitenya https://www.itb.ac.id/. Disana segala informasi berupa latar belakang,visi dan misi, informasi tentang fasilitas dan program study yang ada disana. Website ini juga selalu mengupdate informasi-informasi baru seperti acara dan event yang dibuat oleh ITB. Kelebihan dari tampilan websitenya sendiri adalah desain tampilan tata letaknya rapih, sangat simple, dan terdapat warna-warna yang menarik untuk membedakan submenu-submenu yang ada. Kelebihan yang terpenting adalah website in dijalankan dengan mudah, sangat memudahkan bagi pengguna untuk mencari informasi yang ada pada ITB.

Kekurangan :
Kekurangan ini bersifat menurut pribadi, pada bagian beberapa informasi, masih belom terupdate dengan data-data baru(disana masih tertera 2014) dan untuk detal-detail informasinya juga masih kurang lengkap. Tetapi itu semua hanyalah kekurangan yang sangat kecil pada website tersebut. Website ITB sudah sangat bagus untuk digunakan sebagai salah satu website universitas ternama dan papan atas di Indonesia.

Sumber :
https://www.itb.ac.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Institut_Teknologi_Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...