Jumat, 13 Mei 2016

Menganalisis Website Institut Teknologi Bandung

Pada tulisan ini saya akan menganalisa website dari Institut Teknologi Bandung, saya akan menggunakan tool yang sudah tersedia di Internet. Pada postingan sebelumnya saya menulis tentang informasi-informasi yang ada pada website Institut Teknologi Bandung (ITB) : hhtp://www.itb.ac.id.

Setelah dianalisis mengguna tools, kita akan mengetahui mengenai peringkat website ITB ini dan segala informasi yang ada didalamnya.

Saya akan menganalisis website ITB ini menggunakan 2 tool, yaitu :
  1. Alexa.com
  2. Semrush.com

Alexa.com
Alexa Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web. Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999. 


Situs Alexa.com merupakan situs yang  yang menyajikan peringkat atau rangking dari sebuah website atau web blog. Situs ini akan memberikan informasi terkait jumlah lalu lintas pengunjung pada situs tertentu. Bisa dikatakan situs ini menjadi barometer atau acuan tentang apakah sebuah situs banyak dikunjungi atau tidak? Mengapa hal ini penting? Tentunya bagi beberapa pihak kunjungan ke sebuah situs adalah nilai besar yang tidak bisa ditawar. Hal inilah yang menjadi landasan mengapa situs Alexa kerap kali jadi patokan bagi beberapa situs, terutama situs yang berkaitan dengan e-commerce.  

Situs Alexa ini bisa dibilang cukup akurat dalam memberikan rangking pada sebuah situs. Hal ini dilandasi karena situs Alexa.com didirikan berdasarkan konsep informasi yang tepat dan cukup relevan bagi para pengguna internet. Karena hal inilah situs ini cukup dipercaya. Situs ini sendiri  memebrikan peringkat 1 dan 2 kepada dua situs terbesar dari 30 juta situs website yang tersebar di dunia. Posisi satu ditempati oleh raksasa mesin pencari Google dan perangkat dua ditempati oleh situs jejaring sosial terbesar yakni Facebook  untuk data rangking Global .

Hasil Analisis Menggunakan Tool Alexa.com
Pada bagian pertama akan keluar analisis Seberapa populerkah website yang kita analsis. Datanya akan muncul secara Rank Global dan Negara(Website itu berasal). Website ITB berada pada rank 25.163 di dunia, dan berada pada rank 416 di Indonesia.


Selanjutnya adalah gambaran asal pengunjung dari website itb.ac.id. Disini juga dijelaskan secara detail persentase pengunjung dan peringkat di negara tersebut.

Selanjutnya pada Alexa rank  menampilkan keterlibatan pengunjung pada website Institut Teknologi Bandung, terdapat  3 persentase yang akan ditampilkan yaitu :
§  Bounce Rate  : menampilkan Persentase kunjungan ke situs yang terdiri dari satu tampilan laman yaitu 39,60%
§  Daily Pengunjung Per Visitor, : Akan menampilkan  persentase Perkiraan tampilan halaman unik setiap hari per pengunjung di situs yaitu 3,80%
§  Daily Time On Site, Perkiraan waktu setiap hari di situs (mm: ss) per pengunjung ke situs tersebut yaitu sebesar 4:13
Metrik keterlibatan membantu Anda memahami bagaimana tertarik pengunjung situs adalah dengan konten situs. Metrik diperbarui setiap hari berdasarkan trailing 3 bulan.
Selanjutnya alexa rank akan  menampilkan dimana pengunjung situs ini berasal. Disini Alexa rank akan menampilkan persentase pengujung situs dengan menggunakan mesin pencari sebanyak 26.80% Tabel menunjukkan kata kunci teratas yang mengirim lalu lintas ke situs ini dari mesin pencari utama selama 6 bulan terakhir. Daftar ini diperbarui setiap bulan. Disini kata yang sering digunakan adalah website Institut Teknologi Bandung  dengan sebanyak 15,68%.


Selanjutnya adalah situs yang digunakan untuk mencari alamat situs itb.ac.id. Disini terdapat 5 situs, dengan yang tertinggi 27,9% pengunjung menggunakan google.co.id untuk mencari alamat situs itb.ac.id

Pada gambar diatas dijelaskan tentang banyaknya situs yang masih berhubungan (melakukan link) dengan itb.ac.id. Dimana menurut alexa terdapat 4.096 situs yang berhubungan (melakukan link) dengan website Institut Teknologi Bandung. Dimana pada bagian ini alexa menampilkam 5 situs teratas yang paling sering berhubungan dengan itb.ac.id.

Selanjutnya masih dengan situs yang berelasi (berhubungan) dengan website Institut Teknologi Bandung. Dimana pada tampilan ini terdapat 5 situs Universitas lainnya yang berelasi dengan website Institut Teknologi Bandung dengan link itb.ac.id. Hal ini disebabkan itb.ac.id merupakan situs berbasis akademik, maka alexa akan menampilkan situs akademik yang berelasi (berhubungan) dengan itb.ac.id.

Tabel ini menunjukkan subdomain atas  situs pengunjung situs ini denga subdomain yang berbeda-beda.  Dapat dilihat para pengunjung paling sering mengunjungin subdomain karir.itb.ac.id dengan persentase 15,03%. Hal ini dapat menyimpulkan bahwa kebanyakan para pengunjung mengakses informasi yang berhubungan dengan Institut Teknologi Bandung dengan mengakses subdomain tersebut.

Alexa Rank kemudian akan menampilkan seberapa cepat sebuah situs diload kembali, Disini  http://www.itb.ac.id  , dimuat kembali dengan kecepatan 1.129 detik, 73% lebih cepat.

Siapa saja yang mengunjung sebuah situs http://itb.ac.id. Disini akan menampilkan pengunjung dari website tersebut, Dilihat dari 3 Sisi yaitu :
  • Gender, Melihat dari jenis kelamin yang mengunjung sebuah situs, terdiri dari laki – laki dan perempuan
  • Education, Melihat dari segi pendidikan yang mengunjungi situs ini
  • Browsing Location, Menampilkan lokasi tempat mengakses situs ini, locasi tersebut sendiri berada pada Rumah, Sekolah, dan tempat pekerjaan.
  • Audience Demographic merupakan Data pengunjung geografi menjelaskan di mana pengunjung situs ini selama sebulan terakhir berada, dan bagaimana situs tersebut di negara-negara populer. Jika suatu negara tidak tercantum, itu karena Alexa tidak memiliki cukup data untuk situs ini untuk menentukan peringkat / mengukur popularitas situs di antara populasi online negara itu. Metrik ini diperbarui setiap bulan.

Selanjutnya kita akan menganalisis menggunakan Semrush.com
Semrush.com
SEMRush atau SEM Rush adalah sebuah alat untuk anda yang ingin melakukan riset keyword kompetitor. Mungkin anda bingung, mengapa website anda kalah saing dengan website lainnya. Yang pertama kali terlintas di pikiran anda pasti adalah keyword, keyword apa yang mereka gunakan ?

SEMRush digunakan bagi anda yang serius di bidang internet marketing atau blogger. Dengan SEMRush anda bisa mendapatkan keyword kompetitor anda, sehingga anda berpeluang besar untuk bisa bersaing dengan website lain.

Hasil Analisis Menggunakan Tool SemRush.com


Kita dapat melihat hasil pertama yang akan dimunculkan oleh tool Semrush.com ini.
Setelah itu terdapat 4 bagian yang menjadi acuan dalam penganalisisan suatu website yang ingin kita analisis. Dimana 4 bagaian tersebut terdiri dari Organic Search, Paid Search, Backlinks, dan Display Advertising. Disitu dapat kita pada Organic Search terdapat 405 total traffic dengan keywords yang cukup banyak yaitu 1.3M. Selanjutnya pada Paid Search menampilkan angka 0, karena pada website ini tidak memunculkan atau melakukan kegiatan transaksi sama sekali. Hal ini disebabkan website ini merupakan website akademik bukan website e-commerce.Kemudian terdapat 51.9K total backlinks yang mengacu kepada website www.itb.ac.id. Dan yang terakhir Display Advertising memunculkan angka 0 karena tidak ada penampilan iklan pada website ini.


Pada gambar ini dapat kita lihat terdapat Top Organic Keywords yang banyak menjadi keyword dalam pencarian website Institut Teknologi Bandung. Hal ini menunjukkan terdapat keyword apa saja yang paling sering digunakan ole user dalam mengakses website dari Institut Teknologi Bandung. Kemudian disebelahnya dapat kita lihat terdapat suatu diagram Organic Position Distribution yang selalu naik dengan interval 4 – 100.


Lalu disini terdapat berbagai backlink yang mengarah ke website tersebut secara detail beserta Anchor text Backlink yang dibuat untuk menghubungkan ke website itb.ac.id.


Selanjutnya pada gambar diatas terdapat Refering Domains. Dimana Refering Domains berfungsi untuk menampilkan IP address dari Backlinks yang mengacu atau mengakses informasi dari website Institut Teknologi Bandung. Semua IP address yang tertera akan ditampilkan secara lengkap dengan asal negara dari IP tersebut.



Sumber :
http://www.alexa.com
http://www.alexa.com/siteinfo/itb.ac.id
https://www.semrush.com
https://www.semrush.com/info/itb.ac.id?db=us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...