Jumat, 13 November 2015

Dampak Digital Cinema di Masyarakat



Perkembangan film pada jaman sekarang sangatlah berkembang pesat. Film pada saat ini mempunya beberapa genre sendiri, misalnya sepertti : animasi, horor, action, dan lain-lain. Sebelum lebih jauh mari kita liat arti dari Film itu sendiri.

Film adalah karya cipta seni dan budaya yang merupakan media komunikasi massa pandang-dengar yang dibuat berdasarkan asas sinematografi dengan direkam pada pita seluloid, pita video, piringan video, dan/atau bahan hasil penemuan teknologi lainnya dalam segala bentuk, jenis, dan ukuran melalui proses kimiawi, proses elektronik, atau proses lainnya, dengan atau tanpa suara, yang dapat dipertunjukkan dan/atau ditayangkan dengan sistem proyeksi mekanik, elektronik, dan/atau lainnya.

Berkat kemajuan teknologi, dunia perfilman semakin banyak kemajuan. Baik dalam kualitas jalan cerita maupun kualitas gambar serta efek-efek yang disertakan. Pembuatan film juga semakin mudah dilakukan, bahkan kita sebagai orang awam dapat membuat suatu film dengan peralatan seadanya.

Pada awalnya film berupa gambar hitam putih, tanpa suara. Namun seiring berkembangnya teknologi, kini film telah hadir dengan banyak warna dan suara. Tidak hanya itu, kualitas gambar yang dihasilkan juga semakin bagus. Penambahan efek semakin halus. Saat ini telah banyak industri perfilman yang menghasilkan film dengan format 3D, sehingga kita dapat menikmati film secara lebih nyata. Jalan cerita film tidak lagi kaku seperti dulu. Jalan cerita lebih variatif dan cerdas, baik menceritakan kejadian fiktif maupun kisah nyata. Hal ini mampu membuat penonton terbawa dalam alur cerita yang disajikan dalam film tersebut. Kualitas suara semakin bagus dengan adanya teknologi digital sound.





Film-film animasi telah banyak perkembangan. Efek visual yang dihasilkan hampir terlihat seperti aslinya, Contohnya pada film Doraemon yang muncul pada tahun lalu. Keadaan alam, setting alam dan tokoh-tokohnya terlihat hidup. Film-film bergenre animasi sudah muncul banyak menyaingi film-film bergenre lainnya. Karena pembuatan film animasi sendiri tidak terlalu mahal dan dengan peralatan yang ada dapat menciptakan suatu karya film yang sangat menakjubkan seperti terlihat orang hidup.

Pada saat ini film-film beserta kecanggihan yang ada dalam film tersebut bisa kita nikmati dari mana saja, seperti di bioskop. Tetapi mungkin karena harga film yang disediakan di bioskop terlalu mahal atau hanya bisa disaksikan sekali saja, banyak orang menggunakan DVD atau menDownload film-film baru yang ingin di tonton dengan kualitas yang sama dengan bioskop. Biasanya film-film yang berkualitas seperti di bioskop yang bisa didapatkan melalui Download atau DVD membutuhkan waktu yang lama. Dengan menggunakan peralatan home theater, kita dapat menikmati film dirumah dengan kualitas seperti dibioskop.

Dampak yang ada dapat dilihat dari industri perfilman dan penontonnya.

Industri film adalah industri yang tidak ada habisnya. Sebagai media massa, film digunakan sebagai media yang merefleksikan realitas, atau bahkan membentuk realitas. Cerita yang ditayangkan lewat film dapat berbentuk fiksi atau non fiksi. Lewat film, informasi dapat dikonsumsi dengan lebih mendalam karena film adalah media audio visual. Media ini banyak digemari banyak orang karena dapat dijadikan sebagai hiburan dan penyalur hobi.

Ini ada beberapa contoh dampak yang dirasakan oleh para penonton/masyarakat :

Penonton dapat melihat film dengan layar yang lebar dan suasana yang lebih nyaman. Contohnya di bioskop film akan main/mulai diputar, lampu dimatikan dan pintu-pintu ditutup sehingga penonton dapat konsentrasi memusatkan segala perasaannya.
Ketika menonton film, tidak lagi film yang hanya bergerak dan tidak bewarna.
Jadwal bioskop dapat dilihat dari internet.
Untuk menikmati gambar 3D, hanya diperlukan kacamata yang mendukung teknologi tersebut.
Dengan televisi digital, penonton dapat memilih film yang ingin ditonton hanya dengan satu saluran saja.
Film yang dihasilkan lebih bervariasi. Sehingga penonton dapat memilih film apa yang ingin ditonton
Penonton tidak perlu menonton di lapangan seperti zaman dulu yang menggunakan layar tancap, tetapi hanya perlu ke bioskop atau bahkan membeli teknologi home theater untuk menonton di rumah.

Jadi pada saat ini kita bisa menikmati film-film yang ada sekarang melalui bioskop dengan fasilitas yang tersedia atau bisa juga menikmati film-film dirumah menggunakan DVD atau VCD yang ada dan menDownload film-film yang ada di berbagai situs yang menyediakannya.

Sumber : ptkomunikasi.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...