Senin, 26 Oktober 2015

Teknik-Teknik Khusus Dalam Film

Perkembangan film dari dulu sampai sekarang sangatlah pesat. Banyak film pada saat ini menggunakan teknik-teknik khusus yang digunakan pada saat memproduksi film tersebut. Contoh film pada saat ini yang menggunakan teknik-teknik khusus yaitu Harry Potter, Lord of The Ring, Forrest Gump, Star Wars dan banyak lagi. Penggambaran di film-film tersebut seakan-akan asli dan sangat terlihat hidup. Pembuatan itu semua dilakukan dengan bantuan teknik komputer CGI(Computer Generated Imagery). Selain itu ada banyak lagi teknik-teknik yang digunakan untuk pembuatan film saat ini. Disini saya akan membahas teknik-teknik yang ada dalam film sekarang.

1. Teknik Stop Motion dan Stop Aksi

Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan. Stop-motionanimation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakanclay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan



Disebut stop mation karena dilihat dari namanya animasi stop motion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Teknik ini terdiri dari dua kata yaitu stop yang berarti berhenti dan motion yang berarti gerakan / bergerak.

Stop motion diciptakan menggunakan teknik ini menggunakan prinsip frame to frame, seperti animasi 2 dimensi. Pengerjaannya sama dengan animasi pada umumnya yaitu mengatur frame per frame gambar.

Tehnik stop-motion mulai ada yaitu pada tahun 1906. Ditemukan oleh stuart blakton. Stuart blakton menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Tehnik stop-motion animasi ini sering digunakan dalam visual effect untuk film-film di era tahun 50-60-an bahkan sampai saat ini.

Cara kerja stop motion yaitu Animasi dibuat dengan menggerakkan objek atau model dari boneka ataupun bahan elastis yang terbuat dari clay/tanah liat atau tanah liat sintetis. Dengan cara Obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gamabarnya satu per satu. Setelah diedit dan disusun, Apabila rol film dijalankan, akan memberikan efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak

Dalam stop motion terdapat frame. Dimana frame tersebut adalah satuan terkecil dalam video. pada program flash, frame diumpamakan seperti kertas hvs yang telah digambar, dan contoh apabila framenya kita perpanjang sebanyak 5 frame, maka diumpamakan seperti 5 kertas hvs dengan gambar yang sama.apabila kita merubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut. karena frame tidak dapat berdiri sendiri.

2. Teknik Animatronik

Penggunaan hal-hal seperti elektronik dan robotik di sebuah mekanis, adalah inti dari teknik ini. Animatronik tidak cuma dipakai di sebuah film. Biasanya juga dipakai di theme park, atau bidang lain di dunia entertainment.

Keunggulan teknik yang satu ini adalah, bahwa semua prosesnya tidak melalui simulasi. Melainkan, sebuah objek dengan skala 1:1, yang bergerak secara real time di depan kamera. Meskipun teknik ini sudah ada dari sejak dulu, perkembangannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Bentuk boneka mekanisnya makin realistis dan makin menyerupai kondisi sebenarnya.

Menggunakan teknik animatronic sama sekali tidak mudah. Karena ada beberapa tahap yang harus dilalui. Pertama, bentuknya digambar dulu di sebuah kertas. Lalu, membuat maketnya, alias model miniatur. Selanjutnya baru membuat model yang berukuran aslinya. Baru setelah itu memasukkan komponen animatronic-nya ke dalam model yang sudah jadi.

Contoh-contoh film yang menggunakan teknik Animatronik adalah Jurassic Park dan Harry Potter And The Chamber OF Secrets.

3. Teknik CGI ( Computer Generated Imagery)

Computer-generated image(juga dikenal sebagai CGI) adalah penerapan bidang komputer grafis, atau lebih khusus, grafis 3D komputer untuk efek khusus dalam film, program televisi, commercials, simulators dan simulasi umumnya, dan media cetak. Video game biasanya menggunakan real-time komputer grafis (jarang disebut sebagai CGI), tetapi juga termasuk pra-diberikan “memotong adegan” dan intro film yang dimana itu akan menjadi cirri khas aplikasi CGI. Ini kadang-kadang disebut sebagai FMV (Full motion video).

CGI digunakan untuk efek visual komputer karena efek yang dihasilkan akan lebih terkontrol dibandingkan lainnya berdasarkan proses fisik, seperti membangun miniatures untuk efek gambar atau mempekerjakan tambahan untuk adegan keramaian, dan karena itu memungkinkan penciptaan gambar yang tidak layak menggunakan teknologi lain. Hal ini dapat juga mengizinkan seorang seniman atau produser untuk menghasilkan konten tanpa menggunakan aktor, pelayanan yang mahal.

Komputer seperti perangkat lunak 3ds Max, dan open source Blender, LightWave 3D, dan Maya Softimage AutoDesk digunakan untuk membuat gambar yang dihasilkan komputer untuk film, dll. Penerimaan software CGI dan peningkatan kecepatan komputer telah diizinkan seseorang dan perusahaan-perusahaan kecil untuk menghasilkan sebuah profesional grade film, permainan, dan seni rupa dari rumah komputer. Hal ini yang telah membawa tentang Internet subkultur dari CGI itu sendiri dengan set global selebriti, clichés, teknis dan kosa kata.

Contoh film yang menggunakan Teknik CGI :
”Toy Story” (1995), film debutan Pixar yang dibiayai dan dipasarkan The Walt Disney Company itu sukses besar sebagai film pertama yang secara penuh menggunakan teknologi komputer. Sejak saat itu studio animasi digital lain seperti Blue Sky Studios (Fox), DNA Productions (Paramount Pictures and Warner Bros.), Onation Studios (Paramount Pictures), Sony Pictures Animation (Columbia Pictures), DreamWorks, dan yang lainnya tak mau ketinggalan untuk memproduksi film sejenis.

Revolusi ” Jurassik Park”

Teknologi CGI biasa dipakai dalam pembuatan film, program televisi, dan beberapa iklan komersial, termasuk media cetak. Aplikasi ini memberikan kualitas grafis yang sangat tinggi dengan efek yang lebih terkontrol daripada metode konvensional seperti membuat miniatur untuk pembuatan adegan kecelakaan yang dramatis atau menambah aktor figuran untuk menggambarkan suasana keramaian penuh sesak.

”Forrest Gump”, film drama dengan aktor tersohor Tom Hanks, juga memanfaatkan teknologi CGI untuk efek menghilangkan salah satu kaki Letnan Dan (dimainkan Gary Sinise) agar tampak pincang betulan. Efek lainnya adalah pergerakan bola ping-pong yang sangat cepat ketika dimainkan oleh Tom Hanks. Bahkan, adegan dengan efek bulu melayang di udara merupakan garapan sebuah studio animasi di Bandung.

Sebenarnya masih banyak lagi teknik-teknik yang ada dan digunakan pada saat pemproduksian film pada saat ini. Semakin film tersebut terlihat hidup dan nyata, maka semakin banyak dan hebat penggunaan efek film yang ada. Sekian penjelasan beberapa teknik-teknik yang ada dalam dunia perfilman.

Daftar Pustaka :
https://ksmovies.wordpress.com
https://toelank.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...