Minggu, 25 Oktober 2015

Software Autodesk Maya Animasi Standar Digital Cinema

Didunia perfilman, salah satu yang berperan penting supaya film yang di produksi menjadi lebih menarik dan mempunyai visual yang bagus yaitu seorang animator. Menjadi seorang animator harus mempunyai passion tinggi dalam membuat animasi dan daya pikir yang selalu kreatif dan inovatif untuk menghasilkan suatu karya film dengan daya khayal yang sangat tinggi. Animasi yang bagus yang dibuat oleh seorang animator juga didukung oleh software yang mempunyai fasilitas yang mempuni. Dari sekian banyak software untuk membuat animasi, salah satu yang dikatakan terbaik adalah Software Autodesk Maya atau sering disebut juga Software Maya yang merupakan software untuk membuat animasi dan modeling karena telah dipergunakan oleh film-film Hollywood.

Maya adalah software 3D modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan character animation. perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film animasi atau cartoon, dan juga untuk permainan video komputer. Selain itu, Maya juga sering digunakan untuk mendesain special effect untuk film.


Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya. Oleh karena itu, Maya memang lebih banyak digunakan untuk membuat character modeling dan animasinya.

Autodesk maya adalah software animasi 3D yang dilengkapi dengan fitur canggih dan komprehensif. Dengan Autodesk maya 2013 anda dapat menciptakan karya animasi 3D. Autodesk maya 2013 menyediakan perangkat tools untuk animasi, pemodelan, simulasi, matchmoving dan compositing untuk membantu anda menghasilkan karya yang berkualitas. Autodesk maya 2013 sering digunakan untuk pengembangan sebuah game dan proyek animasi 3D lainnya. PadaAutodesk maya 2013 ini telah dibubuhkan tools kreatif terbaru untuk membantu anda menciptakan sebuah konten dan karya yang berkualitas tinggi secara cepat.

Maya memiliki modeler serbaguna, animasi karakter yang kuat, kemampuan special effect, serta merupakan paket yang sangat mendalam dan extensible dengan associativity yang kuat. Software ini adalah paket yang kompleks untuk belajar, memiliki interface canggih dan disesuaikan, menampilkan alat-alat berbasis Artisan brush yang memungkinkan objek untuk dibentuk dan diedit oleh proses pengecatan interaktif, dan Paint effect yang memungkinkan rumput, pohon , dan elemen lain terlukis kedalam 3D space Renderable “brush stroke“. Simulasi dinamis benda kaku, soft-bodies, cairan, kain, dan rambut, dikombinasikan dengan scripting language yang kuat, menjadikan Maya piranti visual effect yang hebat.

Saat ini, Maya telah mendunia dan menjadi standar peranimasian international. Sedemikian populernya software Maya hingga industri perfilman Hollywood banyak menggunakannya dalam karya mereka, baik untuk pembuatan video klip, membuat film animasi seperti Finding Nemo, film pendek hingga karya besar berupa film kolosal semacam Lord of The Ring (LOTR). Bahkan Alias Wavefront, pengembang software Maya, menerima penghargaan berupa piala Oscar untuk film LOTR. Grand Turismo juga merupakan salah satu game terkenal yang menggunakan Maya sebagai keperluan untuk produksi gamenya.

Software untuk membuat animasi yang sudah ada sekarang itu sebenarnya banyak, bukan hanya Autodesk Maya saja. Jadi, untuk membuat animasi yang baik dalam perfilman itu dipadukan antara software yang mempuni dan seorang animator yang mempunya daya khayal tinggi dan kreatif.


Daftar Pustaka :

http://www.idseducation.com

http://mmbayu.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...