Senin, 07 Mei 2018

Analisis Program Jaringan Sederhana

Pada postingan kali ini penulis akan membahas beberapa program tentang program jaringan menggunakan java beserta logika dari program tersebut :

Tugas 1
Get Ip

Di atas terdapat listing program yang berfungsi untuk mencetak IP address dari PC pada saat program ini dijalankan. Program ini menggunakan library java.net.*. Program ini memiliki class getIP. Setelah itu dibuat sebuah object bernama host dari class InetAdress. getLocalHost berfungsi untuk mengambil alamat localhost pc tersebut. Setelah itu terdapat array ip yang bertipe data byte yang berfungsi untuk menyimpan ip address dari pc pengguna yang menggunakan sintaks getAddress.
Output dari program tersebut adalah :









Tugas 2
getName.java



Pada Tugas 2 ini terdapat listing program yang memiliki class getName. Program ini untuk menampilkan nama host name dari PC pada saat program ini dijalankan. Terdapat variabel yang diberi nama host untuk menampung nama localhost. Selanjutnya variabel akan dicetak dengan host name PC dengan menggunakan fungsi getHostName.
Output dari program ini adalah :


Tugas 3
IptoName.java

Program di atas adalah program yang berfungsi untuk mencetak Nama PC pada saat program ini dijalankan ketika IP addressnya telah diketahui. Listing program diatas menggunakan library java.net.* dan terdapat class yang diberi nama IptoName. Terdapat percabangan, yang dimana berfungsi untuk mengecek, apa bila nilai 0 maka program akan mencetak “Pemakaian : java IptoName <IP address>”.
Terdapat try dan catch dibagian bawah percabangan yang berfungsi untuk menangani error. Apabila terdapat kesalahan maka program akan mencetak “Invalid IP – malformed IP” dan program akan terhenti. Jika pada saat dijalankan tidak ada error maka program akan mencetak host name PC yang digunakan.
Output dari Program ini adalah :


Tugas 4
NsLookup.java

Program di atas berfungsi untuk mencetak IP address PC yang digunakan ketika host namenya sudah diketahui, Program ini menggunakan library yang sama dengan sebelumnya dan menggunakan nama class NsLookup. Terdapat percabangan, yang dimana berfungsi untuk mengecek, apa bila nilai 0 maka program akan mencetak “Pemakaian : java.NsLookup”.
Terdapat try dan catch dibagian bawah percabangan yang berfungsi untuk menangani error. Apabila terdapat kesalahan maka program akan mencetak “Unknown host” dan program akan terhenti. Jika pada saat dijalankan tidak ada error maka program akan mencetak IP address PC yang digunakan dengan menggunakan perulangan, seperti program getIP yang diatas.
Output program diatas adalah


Tugas 5
simpleClient.java



simpleServer.java


Listing program di atas terdapat dua program yang berkaitan. Program itu yaitu simpleServer.java dan simpleClient.java. Menjalankan program ini menggunakan 2 buah konsol. Dua program ini menggunakan library yang sama yaitu java.io dan java.net. Program yang pertama harus dijalankan yaitu program server, ketika dijalankan maka program server akan terhubung ke socket 5000 yang disimpan pada variabel TESTPORT kemudian mencetak "Aplikasi server hidup". Setelah itu terdapat percabangan untuk menerima input dari client. Program server akan mencetak "Terima : " pada konsol server, lalu apabila server menerima input "salam" dari client, maka server akan mengirimkan "salam juga" kepada client. Namun jika yang di input client bukan "salam juga", maka server akan mengirimkan "Maaf, saya tidak mengerti".

Kemudian pada program client juga akan melakukan koneksi ke socket 5000 yang disimpan pada variabel REMOTE_PORT sehingga dapat terhubung dengan server. Pada program ini akan mencetak "Masukkan kata kunci: " yang kemudian user diminta untuk melakukan input. Hasil input tersebut kemudian akan dikirimkan ke server dan dilakukan pengecekan dengan kondisi yang ada pada server. Kemudian dari hasil kondisi server tersebut akan dikirimkan lagi ke client dan di cetak "Dari server: " beserta "salam juga" atau "Maaf, saya tidak mengerti", tergantung hasil dari apa yang diinput oleh user tadi.

Output Program :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...