Jumat, 13 April 2018

Review Paper - Tugas Softskill II


Pada tugas ke 2 matakuliah Pengantar Komputasi Modern(Softskill), penulis akan me-review sebuah penelitian yang berjudul " PENERAPAN CLOUD COMPUTING PADA WEBSITE PEMESANAN KAMAR KOST DENGAN MODEL LAYANAN SOFTWARE AS A SERVICE". Penelitian dilakukan pada tahun 2013.

Link Sumber Paper : https://media.neliti.com/media/publications/135461-ID-none.pdf

A. Masalah yang diTeliti
Kebutuhan tempat tinggal bagi pendatang yang sesuai dengan keinginannya. Meskipun sudah banyak rumah kos yang berdiri, tetapi masih ada kendala bagi pencari kos sesuai dengan kenginannya. Bagi penyedia tempat kos masih mengandalkan sistem reservasi manual saja, karena membangun sebuah sistem informasi tentu membutuhkan biaya tidak sedikit.
B. Tujuan dari Penelitian
Membangun sebuah sistem reservasu kamar kos berbasis web yang dibangun dengan menerapkan model layanan as a service cloud computing.


C. Metode Penelitian
Metode penelitian menerapkan model layanan as a servic cloud computing.

D. Hasil Penelitian
Berikut hasil penelitian yang dilakukan :
-          Bagi pencari kos dapat melakukan pencarian kamar kos yang sesuai dengan menggunakan fasilitas pencarian yang terdapat pada website pesankos.com
-          Setelah melakukan pencarian dan mendapatkannya yang sesuai, pencari kos langsung melakukan reservasi kos melalui website dan melakukan konfirmasi ke pemilik kos
-          Bagi pemilik kos dapat melakukan update data kos, tipe kamar, jumlah kamar, menambahkan gambar dan alamt kos, melakukan konfirmasi reservasi,ubah password akunnya, dan panduan untuk menggunakan website tersbut yang telah terdaftar sebagai member.

E. Kelebihan Penelitian
- Dengan adanya website pesankos.com ini dapat membantu pencari kos dengan mudah mencari kamar kos yang sesuai dengan keinginannya.
- Jika pencari kos menggunakan website ini, pencari kos tidak perlu ribet untuk survey ke beberapa tempat kos secara langsung karena itu membuang-buang waktu.
- Bagi pemilik kamar kos juga sangan diuntungkan karena bila ada kamar kos yang kosong maka ia tidak perlu repot-repot untuk memasarkan kamar kosnya, cukup memberikan keterangan bagaimana keadaan dari kamar kos tersebut.

F. Kekurangan Penelitian
- Bisa terjadi terhambatnya pengkonfirmasian pemesanan kamar kos, apabila pemilik kamar kos tidak online pada website tesebut. Lebih baik lagi jika ada push notification yang terjadi jika ada pemesanan kamar kos maka data tersebut langsung ke direct ke email atau sms (short message service) ke pemilik kamar kos.

G. Kesimpulan Penelitian
- Website pesankos.com ini menggunakan software as a service sehingga pemilik kos untuk melakukan promosi kosnya hanya cukup mendaftarkan sebagai member pada website pesankos.com
- Bagi pencari kos sangat diberi kemudahan untuk mencari, melihat, dan memesan kamar kos yang sesuai dengan keinginannya yang sudah cocok dengan kriteria yng dicarinya. Pencari kos dapat melihat kondisi kamar, letak rumah kosnya, alamat posisi rumah kos tersebut, harga yang sudah diterapkan, dan dapat melakukan reservasi terhadap kamar kos tersebut.
- Website pesankos.com menggunakan teknologi web dan menimplementasikan software as a service. Keterangan data-data kos yang tersedia terpusat pada satu website, itu sangan mempermudah bagi pencari kos untuk melakukan pencarian kamar kos sesuai dengan kebutuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...