Rabu, 13 April 2016

Privacy Web

Apa itu Privacy Web???



Privacy merupakan konsep abstrak yang mengandung banyak makna.Penggambaran populer mengenai privasi antara lain adalah hak individu untuk menentukan apakah dan sejauh mana seseorang bersedia membuka dirinya kepada orang lain atau privasi adalah hak untuk tidak diganggu.

Privasi merujuk padanan dari Bahasa Inggris privacy adalah kemampuan satu atau sekelompok individu untuk mempertahankan kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri mereka. Menurut Westin (1967) menjelaskan hubungan antara kerahasiaan dan privasi. Privasi sebagai
"klaim individu, kelompok, atau lembaga untuk menentukan kapan, bagaimana dan sejauh mana informasi tentang mereka dikomunikasikan kepada orang lain".


Privacy Web adalah kebijakan yang diberlakukan oleh sebuah web atau blog yang telah dibuat oleh pemilik situs sendiri. Hal ini adalah sebuah bukti bahwa blog atau web tersebut akan benar benar ditekuni dan akan menjadi lebih baik dalam perkembanganya.

Privacy Web seringkali didefinisikan sebagai keterbukaan informasi tentang bagaimana suatu website mengumpulkan ataupun mengelola informasi dari pengunjung. Ini juga memberikan kredibilitas dan kepercayaan kepada blog maupun website yang anda miliki. Terdapat banyak program penayangan iklan termasuk Google AdSense meminta privacy policy dari blog atau website yang anda miliki sebelum menyutujui permintaan anda dalam jaringan iklan mereka.

Privacy Policy memiliki hubungan yang sangat erat dengan Privacy Web. Pengertian dari Privacy Policy itu sendiri merupakan suatu adalah keterbukaan informasi tentang bagaimana situs mengumpulkan informasi dari pengunjung dan tentang iklan yang ditayangkan. Ini juga memberikan kredibilitas dan kepercayaan kepada blog Anda. Banyak program penayangan iklan termasuk Google AdSense meminta privacy policy dari blog Anda sebelum menyetujui pemintaan Anda dalam jaringan iklan mereka.

Fungsi Privasi

Menurut Altman (dalam Prabowo, 1998), ada tiga fungsi dari privasi, yaitu:

a. Pengatur dan pengontrol interaksi interpersonal yang berarti sejauh mana hubungan dengan oang lain diinginkan, kapan waktunya menyendiri dan kapan waktunya bersama-sama dengan orang lain dikehendaki.

b. Merencanakan dan membuat strategi untuk berhubungan dengan orang lain, yang meliputi keintiman atau jarak dalam berhubungan dengan orang lain.

c. Memperjelas identitas diri

Pada umumnya ada 3 aspek dari privasi yaitu:

1.Privasi mengenai pribadi seseorang(Privacy of Person’s Persona)

2.Privasi data tentang seseorang(Privacy of Data About a Person)

3.Privasi atas komunikasi seseorang(Privacy of a person’s Communications)


PRIVACY WEB UNTUK ANTISIPASI SERANGAN

  • Patches dan Update :Kebanyakan risiko keamanan yang ada karena vulnerabilitas secara luas telah dikenal dengan baik. Ketika vulnerabilitias baru ditemukan, kode pemanfaatan (exploit) sering ditempatkan pada papan bulletin internet.
  • Services : Kumpulan layanan ditentukan oleh pesan server dan aplikasi. Dengan melumpuhkan layanan yang tidak terpakai dan yang tidak perlu, Anda dapat dengan cepat dan dengan mudah mengurangi area permukaan serangan
  • Protocols : Untuk mengurangi area permukaan serangan dan kesempatan terbuka bagi penyarangan, Anda bisa menonaktifkan protocol jaringan yang tidak terpakai atau yang tidak perlu dipakai.
  • Accounts : Banyaknya akun yang dapat diakses dari server harus dibatasi. Layanan maupun akun pengguna juga perlu diatur.
  • Files dan Directories : File dan direktori harus dijamin aman dengan pembatasan ujin NTFS yang mengijinkan akses hanya untuk akun pengguna dan layanan Miscrosoft Windows.
  • Shares : Tidak semua file harus dibagi, seperti share default administrasi yang harus dipindahkan jika tidak diperlukan.
  • Auditing dan Logging : Pengauditan merupakan bantuan vital di dalam mengidentifikasi penggangu atau penyerang di dalam proses. Pembuktian pebukaan terutama sekali bermanfaat seperti informasi forensic ketika menentukan bagaimana suatu gangguan atau serangan dilakukan.
  • Registry : Kebanyakan keamanan dikaitkan dengan pengaturan yang dilakukan di dalam registry dapat dilakuka dengan menerapkan pembatasan Windows ACL mengeblok administrasi registry remote.

Daftar Pustaka :

Djafar, Wahyudi. 2015. “Memastikan perlindungan hak atas privasi dalam pertahanan siber”. Diambil dari : http://advokasi.elsam.or.id/assets/2015/09/0000_Artikel_Memastikan-perlindungan-hak-atas-privasi-dalam-pertahanan-siber_Wahyudi-Djafar.pdf. Diakses 12 April 2016.

Yuwinanto, Helmy Prasetyo . 2014. ”Kebijakan Informasi dan Privacy”.http://web.unair.ac.id/admin/file/f_34502_Inf_Policy_Privacy.pdf. Diakses 12 April 2016.

Yuhefizar. 2008. 10 Jam Menguasai Internet Teknologi Dan Aplikasinya. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

zallegiance. 2014. "Pengertian dan Fungsi Privacy Policy" . http://www.zallegiance.com/2014/11/pengertian-dan-fungsi-privacy-policy.html Diakses 12 April 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...