Rabu, 16 Maret 2016

Hyper Text Transfer Protokol (HTTP)


HTTP – Hyper Text Transfer Protocol, protocol yang didesain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web(www). HTML menjelaskan baik struktur dan organisasi dokumen.

HTTP disebut protokol Stateless karena setiap perintah dijalankan secara independen, tanpa pengetahuan tentang perintah yang datang sebelumnya. Ini adalah alasan utama yang sulit untuk menerapkan situs Website yang bereaksi secara cerdas untuk input pengguna.


Kemampuan protokol HTTP adalah :
1.Mampu mentransfer tipe data yang komplek seperti satu pesan menggunakan satu format yang sama untuk MIME mail internet. Karenanya Web bisa melebihi hypertext ke hypermedia dan web server bisa melayani client dengan informasi berupa teks, grafik, suara dan video yang diintegrasikan dengan dokumen HTML.
2. Kemampuan HTTP untuk memfasilitasi komunikasi antara client HTTP dan protokol lain menggunakan gateway yang berbeda. Skema penemaan URL mengindentifikasikan tidak hanya lokasitetapi juga protokol yang diperlukan untuk menerima satu sumber daya.
Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh Konsorsium World Wide Web dan grup bekerja Internet Engineering Task Force (IETF), bekerja dalam publikasi satu seri RFC, yang paling terkenal RFC 2616, yang menjelaskan HTTP/1.1, versi HTTP yang digunakan umum sekarang ini.

Versi HTTP

Hingga saat ini, protokol HTTP memiliki 2 versi mayor dari protokol HTTP, yaitu :

1. HTTP/1.0 digunakan untuk koneksi terpisah untuk setiap dokumen.

2. HTTP/1.1 dapat digunakan untuk koneksi yang sama untuk melakukan transaksi.

Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak perlu membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

Terdapat dua tipe message dari HTTP,yaitu pesan permintaan dan pesan tanggapan.Pesan permintaan terdiri dari request line,header,dan body.Request line terdapat 3 komponen yaitu request type(method),resource(URL),dan versi HTTP. Uniform Resource Locator(URL) merupakan informasi alamat di mana sebuah dokumen dapat diakses dalam halaman Web. URL dibagi dalam tiga bagian method,host computer,port dan path.

Request type merupakan bagian dari request line dapat diartikan dalam beberapa bagian message yang disebut request method.Request method berbeda dengan method dari bagian method URL.

Request method tersebut antara lain : GET,HEAD,POST,PUT,PATCH,COPY,MOVE,DELETE,LINK,UNLINK, dan OPTION.

Response Message adalah tanggapan yang diberikan oleh server yang terdiri dari line status,header,dan body.Status line terdiri dari HTTP version,status code,dan status phrase.Status code merupakan sebuah code yang menandakan bentuk respons yang diberikan oleh server.Status code bias berupa status informasional,success,redirection,client error,dan juga server error.Kode dari status code dilengkapi dengan keterangan disebelah kanan,yang disebut dengan status phrase.

Response Message yang diperoleh user dilengkapi dengan keterangan dari message tersebut.Keterangan ini disebut dengan header message.Header message terdiri dari General Header,Request Header,Response Header dan Entity Header.

Pada Jaringan komputer umumnya terdapat server dan client yang saling berkomunikasi. Server dapat melayani satu ataupun beberapa buah client sekaligus. Terkait dengan adanya komunikasi antara server dan client, maka protokol HTTP memiliki setidaknya tiga buah fungsi. Fungsi- fungsi ini berkaitan dengan aplikasi dan layanan berbasis web(WWW).

Fungsi-fungsi tersebut antara lain sebagai berikut :
  • Membantu web server dalam melakukan tindakan yang terkait dengan permintaan dari client.
  • Membantu aplikasi web browser untuk menayjikan data dan informasi yang dikirim oleh web server berdasarkan permintaan dari client.
  • Membantu dalam menerjemahkan pesan dan perintah yang berasal dari client ke server dan respon yang dikirmkan dari server ke client.
Cara Kerja HTTP :




Pada gambar diatas ini dapat dilihat cara kerja dari protokol HTTP. Dimana didalam sebuah protokol HTTP ini memiliki 2 buah metode utama yang digunakan dalam layanan yang diberikan kepada pengguna jaringan komputer. Kedua metode tersebuat adalah POST dan GET. Dimana pada Metode POST ini digunakan untuk proses pengiriman data ke server, dengan melakukan penambahan, pengeditan, dan pengubahan data di server. Sedangkan pada metode GET ini dikhususkan untuk memperoleh data dan informasi dari server.

Sumber :

Pratama, I Putu Agus Eka. 2012. Handbook jaringan Komputer. Jakarta: Informatika

Balinter (2009). Pengertian Hyper Text Transfer Protocol. fromhttp://www.balinter.net/news_220_Hypertext_Transfer_Protocol.html (Diakses pada 16 Maret 2016)

Lusiana,Veronica, Maret 2009, “SISTEM INFORMASI PROMOSI BATIK TRADISIONAL SEMARANG BERBASIS WEB”.DINAMIKA INFORMATIKA. Vol I, No 1, Hal 32. (Diakses 16 Maret 2016,) http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/download/262/413 .

Sukmaaji, Andi dan Rianto (2008). Jaringan Komputer. Jogjakarta: ANDI Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...