Minggu, 28 Desember 2014

Masyarakat Perdesaan vs Masyarakat Perkotaan

Saya akan membahas tentang perbedaan masyarakat perdesaan dengan masyarakat perkotaan.
Sebelum membahas perbedaannya, apa sih arti dari masyarakat itu??
Masyarakat adalah sekelompok individu yang memiliki kepentingan bersama dan memiliki budaya serta lembaga yang khas. Masyarakat juga bisa dipahami sebagai sekelompok orang yang terorganisasi karena memiliki tujuan bersama.

Masyarakat Pedesaan:

Saya disini akan membahas tentang masyarakat pedesaan. Karena kampung halaman saya di Sumatera Barat ( BukitTinggi), maka saya akan membahas masyarakat daerah kampung halaman saya.
Di Bukit Tinggi masyarakat disana masih dipimpin oleh seorang pemimpin daerahnya yaitu yang diberi nama Datuk. Datuk adalah pemimpin di daerah yang dia tinggal. Masyarakat Bukit Tinggi memiliki ikatan kekeluargaan lebih erat sesama masyarakat sekitar didaerah tersebut. Masyarakatnya memliki sistem kekeluargaan hampir setiap ada acara sesuatu pasti akan dikerjakan bersama-sama. Masyarakat disana ibu-ibu,bapak-bapak,anak-anak disana semua ramah dalam menanggapi pembicaraan. Adat Istiadat dan keagamaan disana sangatlah kuat. Mayoritas agama disana sama yaitu agama islam


Masyarakat Perkotaan:
Saya disini akan membahas tentang masyarakat perkotaan. Karrena saya tinggal di kota Bekasi maka saya akan membahas masyarakat bekasi menurut saya.
Masyarakat perkotaan lebih ditekankan pada ciri dan sifat kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat perdesaan.
Di perkotaan kehidupan beragama berkurang bila dibandingkan denga kehidupan beragama di pedesaan.
Di perkotaan rata-rata masyarakatnya individualis walaupun ada beberapa orang masih melakukan kerja sama, tapi lebih keliatan sifat masing-masing atau individual untuk beberapa hal.
Lapangan pekerjaan di perkotaan jelas lebih banyak dari pada di pedesaan, tetapi lapangan pekerjaan disana lebih memilih orang-orang yang memiliki kemampuan khusus yang hebat di bidangnya tidak sembarangan orang.
Perubahan sosial dikehidupan bermasyarakat di perkotaan lebih cepat dari pada di pedesaan, karena di perkotaan orang lebih leluasa menerima budaya dari luar karena mereka tidak memiliki adat istiadat yang kuat di setiap orangnya. Karena di perkotaan orang lebih bebas dibanding pedesaan.


Perbedaan Masyarakat Perkotaan dan Pedesaan:
1. Lingkungan Sekitar
Masyarakat pedesaan masih sangan kuat terkegantungan dengan alam, mereka setiap harinya berinteraksi dengan alam, dengan seperti itu masyarakat pedesaan memliki sifat gotong royong yang kuat dibanding masyarakat perkotaan. Masyarakat perkotaan sendiri karena didasarkan sudah dimanjakan oleh teknologi-teknologi canggih, biasanya masyarakat perkotaan lebih individualis walaupun masih ada juga sifah gotong royongnya.

2. Kepercayaan
Masyarakat pedesaan ada beberapa masih mempercayai mitos-mitos yang ada di daerahnya. Walaupun juga sudah yang tidak begitu mempercayai mitos-mitos tersebut. Sedangkan di perkotaan masyarakatnya sudah mempercayai sesuatu yang lebih nyata atau real dibandingkan dengan mitos-mitos.

3. Pekerjaan
Masyarakat pedesaan dominan masih bekerja sebagai petani atau pedagang, teteapi kalau masyarakat perkotaan dominan bekerja sebagai karyawan yang bekerja di perkantoran yang ada di kota.

4. Komunikasi Antar Masyarakat
Masyarakat pedesaan karena masih mempunyai sistem kekeluargaan yang sangat kental maka masyarakat pedesaan masih melakukan gotong royong dalam menyelesaikan sesuatu tetapi jika di perkotaan masyarakatnya lebih sering menggunakan membeli jasa yang ada dari pada harus ia sendiri dan bergotong royong dengan orang sekitar,karena rata-rata orang perkotaan individual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...