Selasa, 06 Juni 2017

Review Watch Dog 2

Watch Dogs 2 adalah sebuah sekuel yang di satu sisi lebih baik dibandingkan Watch Dogs pertama, namun di sisi lain masih meneruskan kekurangan yang diderita iterasi sebelumnya, yakni dalam penyampaian cerita. Terlepas dari kekurangan ini, Watch Dogs 2 merupakan game open-world yang menarik untuk dimainkan.
          Watch Dogs 2 muncul sebagai upaya pembuktian Ubisoft kepada dunia bahwa mereka bisa membuat game open-world yang lebih menarik dibandingkan sebelumnya. Dengan mengambil tema pemberontakan terhadap sistem, Watch Dogs 2 hadir lebih radikal dari tema game pendahulunya.
Upaya yang cukup berani dari tim Ubisoft Montreal ini memiliki kelebihan serta kekurangan, dan saya harap ulasan ini bisa memberimu pertimbangan tersendiri sebelum menyelami aksi kelompok peretas hipster dalam Watch Dogs 2.

Plot
Watch Dogs 2 mengusung tema yang lumayan kontras dibanding Watch Dogs pertama. Hilang sudah tema vigilante yang kental dengan pembalasan dendam dan aksi main hakim sendiri. Sebagai gantinya, Watch Dogs 2 menghadirkan tema pemberontakan oleh kawanan muda-mudi yang berafiliasi dengan grup peretas kolektif DedSec.
Tak lagi mati-matian untuk muncul sebagai sebuah game dengan tema serius seperti yang ditawarkan oleh si seri pertama, ini mungkin kesan pertama yang akan muncul di benak Anda ketika mencicipi Watch Dogs 2 untuk pertama kalinya. Ketika Aiden Pearce bergerak karena motif balas dendam melawan beragam tindak kriminal serius dari pertempuran gang hingga perdagangan manusia, Watch Dogs 2 berusaha menghadirkan konsep yang lebih relevan terkait fitur utama game ini sendiri – hacking. Kebebasan informasi, privasi, hingga konspirasi antara perusahaan-perusahaan di Silicon Valley jadi tema utama.
Pemilihan tema ini memberikan warna tersendiri bagi interaksi dunia yang kamu lakukan dalam Watch Dogs 2. Kemampuan meretasmu tak lagi hanya digunakan untuk mengalahkan kelompok tertentu saja, kamu juga diajak melawan perusahaan tamak yang memanfaatkan kecanggihan teknologi demi kepentingan mereka semata.
Fokus utama cerita di Watch Dogs 2 masih berpusat pada sistem operasi yang kini sudah banyak diadopsi di San Francisco – ctOS 2.0. Anda berperan sebagai Marcus Holloway aka Retr0, seorang hacker cerdas yang sempat dihukum untuk kejahatan yang tak ia lakukan karena sistem operasi yang satu ini. Bekerja sama dengan kelompok hacker yang juga terdiri dari anak mudah yang lain – Wrench, Sitara, Horation, dan Josh yang masing-masing punya peran dan kelebihan mereka masing-masing ini, Marcus memperluas misi hidupnya. Dari awal yang sekedar hendak menghapus catatan kriminalnya dari server ctOS 2.0 itu sendiri menjadi menundukkan dan merobohkan Blume, perusahaan yang berada di balik sistem operasi tersebut.
Fitur-fitur yang terdapat pada game Watchdog 2 :

    1Fitur Kustomisasi yang Lebih Beragam

Fashion adalah salah satu hal yang paling penting di San Fransisco. Maka dari itu, Marcus akan dibekali berbagai kostum untuk gamers ganti. Gamers juga bisa mengkustomisasi senjata yang digunakan.
Bagian paling menariknya adalah kostum Marcus akan memiliki banyak pilihan. Ada tujuh kategori yang bisa gamers mix and match sesuai keinginan. Tujuh kategori itu adalah baju, celana, alas kaki, topi, kacamata, masker, dan tas.
Untuk senjata, Ubisoft menyediakan cat untuk mewarnai senjata dan mobil untuk disesuaikan dengan gaya atau warna kostum Marcus.
    2.  Aksi Parkour yang mirip game Assassin’s Creed

Dalam seri Watch Dogs sebelumnya, Aiden Pearce sebagai karakter utama yang dinilai hanya memiliki gerakan yang amat terbatas. Untuk kali ini, Ubisoft memperbaiki kesalahannya dengan membuat sang karakter utama Marcus Holloway memiliki skill parkour layaknya pada game Assassin’s Creed.

    3.  Kontrol kendaraan yang semakin mudah


Pada seri Watch Dogs sebelumnya. kamu mungkin agak sulit untuk mengontrol kendaraan, Nah! Untuk kali ini para fans Watch Dogs akan dapat mengontrol kendaraan dengan lebih mudah. Selain itu, Kamu juga mampu berkendara sambil menembak layaknya GTA.

    4. Gadget Baru

Esensi dari Watch Dogs 2 adalah hacking dan menggunakan teknologi untuk kepentingan gamers semaksimal mungkin. Dengan teknologi juga, Marcus akan lebih mudah menjalankan misinya.
Di awal game, gamers bisa merakit dua alat yang masing-masing bisa digunakan untuk memata-matai dan menerobos tempat yang akan dituju, yaitu Jumper dan Quadcopter.
Jumper adalah sebuah kendaraan Remote Control (RC) yang bisa masuk di celah-celah sempit, membuka pintu, meng-hack komputer, dan mengumpulkan barang. Bahkan gamers bisa menambahkan speaker pada Jumper untuk mengalihkan perhatian musuh.
Quadcopter adalah drone yang bisa digunakan untuk memata-matai lokasi dan menghack keadaan sekitar.
Alat ini sangat berguna untuk membantu Marcus menemukan jalur untuk masuk dan mengambil alih situasi. Gamers bisa menambahkan barang untuk membunuh penjaga dari atas, dan mengalihkan perhatian.
    
    5.   A New World

Tidak hanya di San Fransisco, Watch Dogs 2 juga mengambil latar di Oakland, Sillicon Valley, Marin, dan berbagai tempat unik dengan tipe gedung berbeda dan aktivitas yang beragam.
Gamers bisa memanfaatkan lokasi yang luas ini untuk bersembunyi, dan menjelajah tempat-tempat baru.
    
    6. A Shared World
Hal paling menarik dalam Watch Dogs 2 adalah fungsi fitur Multiplayer. Serupa dengan seri sebelumnya, gamers bisa menelepon teman dan berada dalam dunia yang sama. Ada juga Online Operation yang berfungsi untuk mengerjakan misi secara kelompok dengan strategi.
Yang berbeda adalah sistem Shared World yang mirip dengan Grand Theft Auto (GTA), di mana semua gamers dari seluruh dunia bisa ada di Map dan melakukan pekerjaan mereka. Bahkan, gamers juga bisa mengajak orang itu untuk melakukan misi bersama.

     7.   Grafis yang lebih baik


Kamu mungkin masih ingat betapa grafis di dalam game sebelumnya benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan yang ada di dalam trailer. Rupanya, Ternyata, Ubisoft mendengarkan keluhan fans dengan memperbaiki kualitas grafis dalam Game Watch Dogs 2 ini.

Kelebihan
  • ·        Kota yang hidup
  • ·        Kebebasan metode menyelesaikan misi
  • ·        Tanpa sistem tower
  • ·        Atmosfer yang lebih menyenangkan dibandingkan seri pertama
  • ·        Kesempatan eksplorasi bersama teman di Multiplayer
  • ·        Tingkat kesulitan yang cukup menantang di Normal sekalipun
  • ·        Ukuran kota yang kecil tapi padat
  • ·        Tokoh antagonis yang tak sekedar berbasis otot
  • ·        Item kosmetik keren
  • ·        Musik yang terasa pas


Kekurangan
  • ·        Tak ada konsekuensi jelas dari tiap aksi, bermain brutal atau aman
  • ·        Uang yang difokuskan hanya di kosmetik


Kesimpulan
Maka seperti apa yang dicapai Ubisoft dari Assassin’s Creed pertama ke Assassin’s Creed 2, Watch Dogs 2 merupakan penyempurnaan dari begitu banyak elemen yang sempat ditawarkan oleh Watch Dogs pertama. Kalimat yang sepertinya sudah cukup untuk menggambarkan pengalaman seperti apa yang akan Anda dapatkan di sini. Sebuah kota hidup yang bisa Anda eksplorasi bebas dari menit pertama tanpa lagi mengandalkan sistem tower sama sekali adalah keputusan “ekstrim” yang fantastis dari Ubisoft. Kebebasan memilih metode untuk menyelesaikan tiap misi, desain dan varian misi yang menggoda, hingga konten cerita lebih ringan yang bahkan tak ragu untuk menertawarkan diri sendiri membuat seri ini berakhir luar biasa. Ubisoft terlihat belajar banyak dari apa yang gagal mereka tawarkan di seri sebelumnya, berbenah, dan menghasilkan sebuah game open-world Watch Dogs yang selama ini Anda inginkan.

Walaupun demikian bukan berarti game ini datang tanpa kekurangan sama sekali. Minimnya sistem moral dan tak ada perbedaan signifikan dari sisi cerita ketika Anda memainkan game ini secara frontal ataupun stealth menghasilkan sensasi cerita yang tak terasa rasional. Kasus sama yang sempat kami rasakan di Infamous: Second Son dahulu. Bahwa game ini akan lebih sempurna jika seberapa kejam aksi Anda memang bisa berujung pada respon berbeda teman-teman DedSec Anda atau penduduk kota pada citra DedSec itu sendiri. Sesuatu yang tak ditawarkan di sini. Ada harapan yang besar pula bahwa ada alternatif lebih banyak senjata, gadget, atau objek apapun yang bisa Anda beli dengan uang di luar sekedar pakaian dan mobil saja.

Namun terlepas dari kekurangan tersebut, Watch Dogs 2 adalah sebuah game open-world yang pantas untuk diacungi jempol. Struktur dengan kebebasan yang selama ini jarang Anda temukan di game-game open-world racikan Ubisoft adalah sebuah pendekatan positif yang pantas untuk disambut baik. Jika Watch Dogs 2 akan jadi awal dari perubahan ekstrim yang hendak dilakukan Ubisoft dengan genre yang satu ini di masa depan, kami sangat tertarik untuk mengantisipasinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMPUTATION THEORY & CLOUD COMPUTATION

In this video we explain about Preliminary theory of computing and cloud computing.  In Preliminary section there are sub-explanation...