Ubisoft Entertainment S.A. adalah sebuah perusahaan permainan video yang berpusat di Rennes, Perancis. Perusahaan tersebut telah membuka cabang dengan jumlah 25 studio di 17 negara dan anak perusahaannya di 26 negara. Ubisoft juga merupakan perusahaan permainan video terbesar keempat di dunia pada 2009.
Sejarah Ubisoft
Lima bersaudara dari keluarga Guillemot mendirikan Ubisoft sebagai penerbit permainan komputer pada Maret 1986 di Perancis. Yves Guillemot membuat penawaran dengan Electronic Arts, Sierra Entertainment, dan MicroPose untuk mendistribusikan permainan mereka di Perancis. Pada akhir dekade, Ubisoft memulai perluasan pada pasar lainnya, termasuk Amerika Serikat, Britania Raya, dan Jerman.
Awal tahun 1990-an, Ubisoft berinisiatif dalam program pengembangan permainan dalam rumah yang ketika pada tahun 1994 mereka membuka sebuah studio di Montreuil, Perancis, yang nantinya menjadi kantor pusat mereka. Ubisoft menjadi perusahaan dagang publik pada 1996 dan meneruskan perluasan kantor secara global, yaitu membuka lokasi diShanghai dan Montreal.
Pada 2000, Ubisoft mengakuisisi Red Storm Entertainment.
Pada Februari 2001, mereka mengakuisisi Blue Byte Software.
Pada Maret 2001, Grup Gores Technology menjual divisi hiburan The Learning Company (yang termasuk beberapa permainan yang diterbitkan oleh Brøderbund Software,Mattel, Mindscape, dan Strategic Simulations, Inc.) kepada mereka. Penjualan tersebut termasuk hak properti intelektual, yakni seri Myst dan Prince of Persia.
Pada Oktober 2001, mereka mengakuisisi Gamebusters dan memindahkan kantor mereka ke Jerman.
Pada Maret 2005, Ubisoft mengakuisisi bagian dari MC2-Microïds (Microïds Kanada) dan mengintergrasikan ke Ubisoft Montreal.
Pada Juli 2006, Ubisoft juga membeli hak waralaba Driver dari Atari dengan biaya €19 juta (US$24 juta) dalam pembiayaan untuk waralaba, hak teknologi, dan banyak aset. Tambahannya, Ubisoft tidak mengakuisisi studionya, pengembang Driver, Reflections Interactive menjadi bagian dari Ubisoft. Sebagai hasilnya, Reflections Interactive telah berganti nama menjadi Ubisoft Reflections.
Pada 11 April 2007, Ubisoft telah mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi pengembang permainan asal Jerman Sunflowers, yang diikuti oleh akuisisi perusahaan permainan asal Jepang, Digital Kids pada November.
Pada 10 November 2008, Ubisoft mengakuisisi Massive Entertainment dari Activision.
Pada 2009, Ubisoft mengakuisisi domain ImagineTown.com dari S. J. Crowley, seorang penulis, ilustrator, mantan penggambar dari Walt Disney, dan pencipta seri The Ghostniks Haunted Adventure
PRODUK YANG DIHASILKAN
Sejarah Ubisoft
Lima bersaudara dari keluarga Guillemot mendirikan Ubisoft sebagai penerbit permainan komputer pada Maret 1986 di Perancis. Yves Guillemot membuat penawaran dengan Electronic Arts, Sierra Entertainment, dan MicroPose untuk mendistribusikan permainan mereka di Perancis. Pada akhir dekade, Ubisoft memulai perluasan pada pasar lainnya, termasuk Amerika Serikat, Britania Raya, dan Jerman.
Awal tahun 1990-an, Ubisoft berinisiatif dalam program pengembangan permainan dalam rumah yang ketika pada tahun 1994 mereka membuka sebuah studio di Montreuil, Perancis, yang nantinya menjadi kantor pusat mereka. Ubisoft menjadi perusahaan dagang publik pada 1996 dan meneruskan perluasan kantor secara global, yaitu membuka lokasi diShanghai dan Montreal.
Pada 2000, Ubisoft mengakuisisi Red Storm Entertainment.
Pada Februari 2001, mereka mengakuisisi Blue Byte Software.
Pada Maret 2001, Grup Gores Technology menjual divisi hiburan The Learning Company (yang termasuk beberapa permainan yang diterbitkan oleh Brøderbund Software,Mattel, Mindscape, dan Strategic Simulations, Inc.) kepada mereka. Penjualan tersebut termasuk hak properti intelektual, yakni seri Myst dan Prince of Persia.
Pada Oktober 2001, mereka mengakuisisi Gamebusters dan memindahkan kantor mereka ke Jerman.
Pada Maret 2005, Ubisoft mengakuisisi bagian dari MC2-Microïds (Microïds Kanada) dan mengintergrasikan ke Ubisoft Montreal.
Pada Juli 2006, Ubisoft juga membeli hak waralaba Driver dari Atari dengan biaya €19 juta (US$24 juta) dalam pembiayaan untuk waralaba, hak teknologi, dan banyak aset. Tambahannya, Ubisoft tidak mengakuisisi studionya, pengembang Driver, Reflections Interactive menjadi bagian dari Ubisoft. Sebagai hasilnya, Reflections Interactive telah berganti nama menjadi Ubisoft Reflections.
Pada 11 April 2007, Ubisoft telah mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi pengembang permainan asal Jerman Sunflowers, yang diikuti oleh akuisisi perusahaan permainan asal Jepang, Digital Kids pada November.
Pada 10 November 2008, Ubisoft mengakuisisi Massive Entertainment dari Activision.
Pada 2009, Ubisoft mengakuisisi domain ImagineTown.com dari S. J. Crowley, seorang penulis, ilustrator, mantan penggambar dari Walt Disney, dan pencipta seri The Ghostniks Haunted Adventure
PRODUK YANG DIHASILKAN
Produk ubisoft
Produk yang pertama dibuat aleh ubisoft pada tahun 1992/96 adalah Rayman , sebuah aksi / petualangan permainan didasarkan pada eksploitasi karakter. Berikut adalah daftar sebagian produk yang telah dihasilkan oleh Ubisoft berdasarkan alphabet.
Produk yang pertama dibuat aleh ubisoft pada tahun 1992/96 adalah Rayman , sebuah aksi / petualangan permainan didasarkan pada eksploitasi karakter. Berikut adalah daftar sebagian produk yang telah dihasilkan oleh Ubisoft berdasarkan alphabet.
Assassin’s Creed
Beyond Good & Evil
Brothers in Arms
Far Cry series
Heroes of Might and Magic
H.A.W.X
Myst
Prince of Persia
Rayman
Red Steel
Tom Clancy’s Splinter Cell
Tom Clancy’s Ghost Recon
Tom Clancy’s Rainbow Six
Beyond Good & Evil
Brothers in Arms
Far Cry series
Heroes of Might and Magic
H.A.W.X
Myst
Prince of Persia
Rayman
Red Steel
Tom Clancy’s Splinter Cell
Tom Clancy’s Ghost Recon
Tom Clancy’s Rainbow Six
Penjualan produk terbaik :
2008 Tom Clancys EndWar Best Strategy Game, Games Critics: Best of E3
2008 Shaun White Snowboarding Best Sports Game, IGN: Best of E3 2008
2008 Assassins Creed Outstanding Achievement in Animation, AIAS
2009 Rabbids Go Home Wii Award for Excellence In Sound: IGN awards
2009 Assassins Creed II Xbox360 Game of The Year: IGN awards
2009 Far Cry 2 Editors Choice Award (X360, PC, PS3) : IGN
2009 - Assassins Creed 2 Best Fanboy (PS3) : The VG247 Community and Game Awards 2009
2009 - Assassins Creed 2 The 10 Games that impressed us the most at E3 : IGN
2009 Splinter Cell Conviction Best Console/PC Game : Kotaku
2009 R.U.S.E. Best Strategy Game : Jeuxvideo.com
2009 Red Steel 2 Best Shooting Game for the Wii at E3 : IGN
2010 - Assassins Creed II - Best Action Game : IGN : Best of E3
2010 Child of Eden - Best Motion-Control Game : IGN : Best of E3 2010
2010 Child of Eden - Best Music/Rhythm Game : IGN: Best of E3 2010
Game buatan
mereka mampu menggebrak pasar game dengan gameplay-nya yang menarik. Berbeda
dengan Naughty Dog yang selalu membuat game dengan gameplay yang unik dan
inovatif, Ubisoft justru membuat game yang dapat memaksamu untuk berpikir keras
demi melalui teka-teki di setiap level yang mereka sajikan, inilah yang menjadi
daya tarik Ubisoft.
Tidak hanya membuat game, developer indie terbesar
ketiga yang awalnya dibentuk oleh 5 orang dan telah berkiprah selama 29 tahun
ini juga merangkap menjadi sebuah publisher game. Sebut saja salah satu game
buatan THQ, developer yang bangkrut dan kemudian diambil alih oleh Ubisoft,
South Park: Stick of Truth. Meskipun pamor Ubisoft sempat jatuh berkat
kegagalan Watch Dogs dan salah satu franchise andalannya, Assassin’s Creed:
Unity, namun kiprahnya dalam dunia game tak dapat dipungkiri lagi, banyak
penghargaan yang telah mereka terima baik sebagai developer maupun publisher.
Referensi :
http://mellia89.blogdetik.com/2011/04/06/ubisoft/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar